Tidak Paham PPDB Online Bisa Langsung Datang ke Sekolah dan Kecamatan

KOTA BEKASI – Bagi masyarakat Kota Bekasi yang ingin mendaftarkan anaknya untuk bersekolah di SMP Negeri tetapi tidak paham dengan dunia internet bisa datang ke sekolah maupun Kantor Kecamatan terdekat.

“Bisa dibantu operator bagi yang belum paham dengan datang ke sekolah langsung atau datang ke Kantor Kecamatan kan juga melayani,” kata Ketua Pelaksana PPDB Online Kota Bekasi Inayatullah, Rabu (4/7/2018).

Inay menjelaskan, daya tampung SMP Negeri di Kota Bekasi sebanyak 14.934 siswa yang dibagi untuk Jalur Umum 29%, Jalur Zonasi 40%, Jalur Afirmasi 25%, Jalur Prestasi 1%, dan Jalur PMG 25%.

Jumlah rombongan belajar (rombel) terbesar sebanyak 10 rombel dengan 380 siswa, dan rombel terkecil sebanyak 3 rombel dengan 114 siswa.

“Jalur zonasi dilaksanakan setelah pengumuman bangku sekolah kosong tahap kedua yakni pada 10-12 Juli 2018 secara online,” jelas Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bekasi.

Verifikasi untuk Jalur Zonasi dan Jalur Afirmasi dilakukan di setiap kecamatan. Sementara untuk Jalur PMG dan Jalur Prestasi verifikasi dilaksanakan di Dinas Pendidikan Kota Bekasi.

Inay menambahkan, untuk SMPN 34 dibuka jalur khusus bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) untuk mendaftar secara offline. Waktu yang diberikan bersamaan dengan jalur yang lain yakni pada 3 Juli sampai 5 Juli 2018.

“Untuk yang berkebutuhan khusus manual, langsung datang ke sekolah,” katanya.

Sementara di SMPN 4 Kota Bekasi seleksi penerimaan PPDB online cukup banyak diikuti oleh orang tua siswa. 

Dengan datang langsung ke sekolah, orang tua bisa mendapatkan arahan langsung dari operator untuk mendaftarkan buah hati mereka melalui website https://bekasi.siap-ppdb.com.

“Sampai siang ini baru sekitar 260 pendaftar yang sudah masuk dengan NEM tertinggi 28. Untuk yang dari luar kota baru tiga orang,” kata Eva Marni panitia PPDB Online SMPN 4 Kota Bekasi. (*)

Alamat

Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian, Kota Bekasi Jl. Jendral Ahmad Yani No. 1 Gd Perkantoran Lt Dasar, Bekasi
email : info@bekasikota.go.id
Tlp : (021) 89452690 Fax : 88959980/88960250