Stop Hoax Fun Day Bekasi Smart City, Diskominfostandi Ajak Masyarakat Filter Informasi



BEKASI SELATAN - Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Bekasi ke-21, Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian (Diskominfostandi) helat acara Stop Hoax Fun Day Bekasi Smart City.  Acara ini terdiri dari kegiatan jalan santai, senam, dan sepeda santai di Plaza Pemkot Bekasi, Bekasi Selatan, Minggu (11/3).

Kepala Diskominfostandi Titi Masrifahati menjelaskan, kegiatan dengan mengangkat isu stop hoax menjadi salah satu bentuk perlawanan untuk menangkal berita yang tidak benar. 

"Berita hoax sudah masalah nasional dan itu menjadi perpecahan, dapat merugikan golongan maupun perorangan," katanya. 

Perempuan berhijab ini mengajak masyarakat Kota Bekasi bersama-sama menyaring informasi. Pasalnya, informasi hoax yang sudah terlanjur menyebar bisa berdampak negatif bagi persepsi masyatakat luas. 

"Setiap individu bisa menyebarkan berita dan informasi (di media sosial), maka perlu edukasi masyarakat untuk mem-filter berita hoax," tuturnya. 

Melalui kegiatan Stop Hoax Fun Day Bekasi Smart City ini, para peserta diharapkan bisa menyadari untuk memilah informasi yang masuk. Dengan kesadaran ini pula kemudian berita atau informasi hoax pun tidak mudah beredar. 

Titi menambahkan, informasi hoax yang kerap tersebar yakni terkait isu Suku Agama Ras dan Antargolongan (SARA). Selain itu, pada bidang kesehatan juga kerap disusupi informasi hoax yang memebangun persepsi masyarakat dengan tidak tepat. 

"Keterbukaan informasi dan penyebaran informasi sangat luar biasa. Harus dikawal dengan info positif.  Masyarakat bisa memilih mana berita yang benar," sambungnya. 

Ia menambahkan, Stop Hoax Fun Day Bekasi Smart City menyiapkan sejumlah kejutan. Bagi setiap peserta acara tersebut memiliki kesempatan mendapatkan grand prize berupa 1 unit blender, 1 unit kompor gas, 2 unit handphone, 2 unit laptop, 2 unit sepeda, 1 paket umroh, dan 1 unit mobil. 

Pendaftaran dapat dilakukan di Kantor Diskominfostandi Pemkot Bekasi, maupun di Kantor GoBekasi.co.id (Grup Pojoksatu.id) di Ruko Suncity Square Blok A40, Jl. M Hasibuan, atau melalui link http://bit.ly/daftar_funday.

Pada kesempatan ini, perlombaan lain juga disertakan yakni lomba kostum unik menggunakan bahan bungkus Luwak White Koffie dengan total hadiah Rp5 juta. (*)

Alamat

Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian, Kota Bekasi Jl. Jendral Ahmad Yani No. 1 Gd Perkantoran Lt Dasar, Bekasi
email : info@bekasikota.go.id
Tlp : (021) 89452690 Fax : 88959980/88960250