BPK Jabar Gelar Workshop Libatkan Humas dan Media


Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Provinsi Jawa Barat mengadakan kegiatan Media Workshop yang melibatkan peserta dari unsur  Humas Pemerintah Provinsi /Kabupaten/Kota di Jawa Barat, Insan Media Cetak maupun Elektronik serta Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). bertempat di Auditorium BPK Perwakilan Provinsi Jawa Barat, dengan mengagkat tema “ Mekanisme Perumusan Opini atas Laporan Keungan Daerah “.Jumat ( 8/12).


Hadir dalam acara Workshop ini Kepala Perwakilan Provinsi Jawa Barat BPK RI Arman Syifa Kepala Sub Auditorat (Kasubaud) Jabar I Emmy Mutiarini dan Kasubaud Jabar II Hesti Sunaryono, sementara moderator kegiatan adalah T. Ipoeng Andjar Wasita Kasubaud Jabar III., Humas Pemerintah Kota/Kabupaten se Jawa Barat serta perwakilan media di Kota Bandung.

Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan Provinsi Jawa Barat BPK RI Arman Syifamengatakan Para insan media  merupakan salah satu stakeholder yang menjadi mitra utama BPK dalam melaksanakan tugas dan kewenangannya. Media harus terlibat dalam mencerdaskan dan meliterasi publik untuk mewujudkan tata kelola keuangan negara yang bersih, transparan, dan akuntabel.

Arman menambahkan  bahwa dalam melaksanakan tugas pemeriksaan maupun memberikan opini atas laporan keuangan pemerintah, pemeriksa-pemeriksa BPK selalu mendasarkan diri pada standar dan ketentuan yang berlaku serta berpegang pada nilai-nilai independensi, integritas, dan profesionalisme. Penentuan dan pemberian opini oleh BPK selalu didasarkan pada empat kriteria, yaitu kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan (adequate disclosures), kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan,dan efektivitas pengendalian intern.

Lebih jauh dirinyamenjelaskan, Opini WTP belum bisa dijadikan dasar untuk memastikan bahwa sebuah Pemda sudah pasti bebas dari korupsi atau kinerja pelayanan publik. Untuk menilai persoalan korupsi ataupun fraud di sebuah entitas pemeriksaan diperlukan jenis pemeriksaan yang lain. “Tapi, LKPD yang sudah mendapat opini WTP dari BPK memiliki potensi mewujudkan tata pemerintahan yang bersih, karena data dan informasi pasti lebih terbuka dan transparan, sehingga lebih mungkin ditelusuri,” jelasnya.

Sementara itu salah satu peserta Workshop, Kasubag Publikasi Eksternal Bagian humas Setda Kota Bekasi, Indah Indri Hapsari , sangat mengapresiasi kegiatan yang di gelar oleh BPK perwakilan jabar ini, dengan menghadirkan Humas Se Jawa Barat.

Dirinya berharap kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan tiap tahun, sehingga kinerja humas di daerah terkait pemberian informasi kepada setiap media menyangkup LHP BPK tidak salah menginformasikan dan pesan yang disampaikan oleh Humas Pemerintah daerah dapat terpublikasikan dengan baik kepada masyarakat di daerahnya masing-masing, ujarnya. (yas).

Alamat

Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian, Kota Bekasi Jl. Jendral Ahmad Yani No. 1 Gd Perkantoran Lt Dasar, Bekasi
email : info@bekasikota.go.id
Tlp : (021) 89452690 Fax : 88959980/88960250