1500 Penari Ronggeng Menor Semarakan Kegiatan GNP Art Festival 2018


KOTABEKASI- Organisasi Gema Nusa Patriot Kota Bekasi, helat kegiatan Gema Nusa Patriot Art Festival 2018 pada Minggu 25 November 2018 di area Car Free Day Jalan Boulevard Selatan Summarecon Kota Bekasi. Diacara tersebut menampilkan pagelaran tari masal Ronggeng Menor yang diikuti oleh 1500 siswa dari tingkat TK,SD,SMP, SMA dan sanggar yang ada di Kota Bekasi. Ketua GNP Kota Bekasi, Alamsyah Praja mengatakan kegiatan Tari Ronggeng Menor ini berkaitan dengan pembentukan karakter, yakni mengenalkan kearifan budaya lokal, yang berkaitan dengan identitas lingkungan sosial masyarakat. Indentitas adalah culture atau ciri khas, dan power adalah negara. Antara culture dan power saling mengisi. Gelar tari ini juga sangat berkaitan dengan Pendidikan rasa, yaitu berkaitan dengan etis, religius dan filosofis, dan juga sudah diterjemahkan sebagai ' rasa, perasaan pengalaman batin, makna paling mendalam, intisari'. Konsep pendidikan rasa menurut Ki Hajar Dewantara.

" Dalam rangka melestarikan budaya dan untuk menumbuhkan sikap positif menanam kecintaan budaya khususnya digenerasi muda kota Bekasi, kita akan adakan tari massal Ronggeng Menor," papar Alamsyah Pradja selaku Ketua Panitia Gema Nusa Patriot Art Festival 2018.

Alamsyah juga mengatakan, di dalam acara tersebut juga sekaligus melakukan kegiatan donasi untuk korban bencana palu. 

" Di Gema Nusa Patriot Art Festival 2018, sekaligus bentuk kegiatan donasi untuk saudara-saudara kita di Palu, dengan seni kita tumbuhkan rasa peduli terhadap sesama. Dengan membeli kaos maka peserta sudah mendonasikan dana untuk saudara-saudara nya di Palu," jelas Alamsyah.

Tampak hadir ditengah- tengah acara tersebut, Wakil Wali Kota Bekasi Dr. Tri Adhianto ditemani istri, perwakilan Kemenpar RI, Wakapolres Kota Bekasi, Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Bekasi, Sekertaris Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Kota Bekasi, 

Dalam pidato sambutannya Wali Kota  Bekasi Dr. Tri Adhianto mengatakan Pemerintah Kota Bekasi sangat mendukung kegiatan yang bertajuk kesenian dan kebudayaan, tentunya dengan diadakan event Tari massal ronggeng menor dapat menjadi potensi wisata dan dapat menarik para pengunjung dari luar daerah, kegiatan ini juga bisa menumbuhkan kecintaan pada kebudayaan lokal.

" Ya ini merupakan event positif, Pemerintah Kota Bekasi terus mendukung kegiatan dengan tajuk kesenian dan kebudayaan. Event ini akan membuat generasi muda cinta akan budayanya, kedua menumbuhkan kecintaan terhadap seni didalam kehidupan mereka," tutupnya. (Ez,Sal)

Alamat

Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian, Kota Bekasi Jl. Jendral Ahmad Yani No. 1 Gd Perkantoran Lt Dasar, Bekasi
email : info@bekasikota.go.id
Tlf : (021) 88961767 Fax : 88959980/88960250