slide
Kamis, 2 Oktober 2014
 
fb tw tw

Tupoksi Kecamatan Bekasi Utara


TUPOKSI KECAMATAN BEKASI UTARA

 

I.    CAMAT adalah Kepala Kecamatan Kota Bekasi yang menyelenggarakan tugas

     dan fungsi :

  1. Memimpin, mengatur, membina dan mengendlikan tugas Kecamatan;
  2. Menetapkan Visi dan Misi Kecamatan untuk mendukung Visi dan Misi Daerah serta kebijakan Walikota;
  3. Menetapkan rencana strategis Kecamatan untuk mendukung Visi dan Misi Daerah dan kebijakan Walikota;
  4. Merumuskan serta menetapkan kebijakan teknis dan atau menyampaikan bahan penetapan Walikota;
  5. Melaksanakan pemantauan, pembinaan dan pengendalian program kerja Kelurahan;Menetapkan kebutuhan anggaran belanja tidak langsung, kebutuhan perlengkapan Kecamatan sebagaimana ketentuan yang berlaku;
  6. Memaraf dan atau menandatangani naskah Dinas sesuai ketentuan tata naskah Dinas dalam kapasitas jabatannya dalam pelaksanaan tugas baik Internal maupun eksternal.
  7. Menetapkan usulan rencana anggaran pembangunan berdasarkan skala prioritas rencana kegiatan yang akan dilaksanakan Kecamatan sebagaimana ketentuan RKA dan DPA;

II.    Sekretariat Kecamatan ( SEKCAM ) mempunyai 2 (dua) rincian tugas :

 

    a. Rincian tugas manajerial

  1. Memimpin, mengatur, mengarahkan tugas sekretariat dan mengkoordinasikan tugas seksi-seksi;
  2. Menyusun bahan Visi dan Misi sesuai bidang tugasnnya untuk dirumuskan menjadi konsep Visi dan Misi Kecamatan;
  3. Menyusun dan merumuskan bersama rencana strategis Sekretariat dan mengkoordinasikan rencana strategis seksi-seksi;
  4. Mengkoordinasikan, menghimpun dan merumuskan usulan rencana anggaran pembanggunan berdasarkan skala prioritas rencana kegiatan yang akan dilaksanakan Kecamatan sebagaimana ketentuan RKA dan DPA;

 

    b. Rincian tugas Teknis

 

  1. Mengelola administrasi keuangan dan rumah tangga Kecamatan;
  2.  Melaksanakan pengelolaan administrasi kepegawaian Kecamatan dan pembinaan administrasi kepegawaian Kelurahan;
  3.  Melaksanakan pembinaan dan pengawasan pengisian daftar hadir pegawai Kecamatan yang selanjutnya dilaporkan kepada Camat;
  4.  Membantu Camat dalam mengkoordinaskan kegiatan Kepala Seksi, UPTD dan Kelurahan dalam pelaksanaan tugasnya;
  5. Menyiapkan bahan rapat Camat dan keperluan ruang rapat yang dilaksanakan Kecamatan;

 

III.    Kasubag Umum dan Kepegawaian

 

  1. Memimpin, mengatur dan mengendalikan tugas sub-bagian umum dan Kepegawaian;
  2. Menyiapkan bahan, konsep naskah Dinas sesuai arahan dari Sekertaris;
  3. Memantau dan mengendalikan pelaksanaan tugas-tugas rutin yang menjadi tanggung jawabnya;
  4. Mengevaluasi dan melaporkan serta mempertanggung jawabkan pelaksanaan tugas kepada Camat melalui Sekeraris;
  5. Melaksanakan pengadaan, pengelolaan, pemeliharaan dan inventarisasi asset-aset baik yang bergerak maupun yang tidak bergerak dilingkungan Kecamatan

 

 

IV.    Kasubag Keuangan

 

  1. Memimpin, mengatur dan mengendalikan tugas sub-bagian Keuangan;
  2. Menyiapkan dan menyusun program kerja dan rencana kegiatan sub-bagian keuangan dan program kerja sekertariat;
  3. Melaksanakan inventarisasi, tabulasi dan statistik program kerja dan kegiatan serta hasil evaluasi pelaksanaan program kerja dan kegiatan Kecamatan;
  4. Menyiapkan dan menyusun bahan rencana kebutuhan anggaran tahunan Kecamatan;
  5. Menghimpun dan menyiapkan bahan laporan kinerja Kecamatan

 

 

 

V.       Seksi-seksi

 

  1. Seksi Pemerintahan
  • Memimpin, mengatur, membina dan mengendalikan pelaksanaan   kegiatan sesuai lingkup bidang tugasnya
  • Mengarahkan, mendistribusikan, memonitoring, mengevaluasi dan mengawasi pelaksanaan kegiatan secara teknis operasional dan fungsional
  • Melakukan pembentukan dan pembinaan satgas K3 tingkat Kecamatan, Kelurahan dan Rukun Warga (RW)
  • Memberikan pelayanan pengawasan hak atas tanah
  • Melakukan inventarisasi NJOP tanah lingkup Kecamatan
  • Melaksanakan pembinaan, sosialisasi, bimbingan, konsultasi,  koordinasi dan monitoring penyelenggaraan urusan Pemerintahan  diKecamatan
  • Melaksanakan pengendalian DHKP Pajak Bumi dan Bangunan  (PBB) buku I,II,III serta buku IV dan V
  • Melakukan sosialisasi peraturan perundang-undangan dan produk hukum Daerah

 

2. Seksi Ketentraman dan Ketertiban

 

  • Memimpin, mengatur, membina dan mengendalikan pelaksanaan kegiatan sesuai lingkup bidang tugasnya
  • Mengarahkan, mendistribusikan, memonitoring, mengevaluasi dan mengawasi pelaksanaan kegiatan secara teknis operasional dan fungsional;
  • Melakukan koordinasi dalam rangka peegakan hukum dan penggulangan pencemaran, kerusakan lingkungan dan pemulihan kualitas lingkungan;
  • Melakukan pendataan dan koordinasi dalam rangka pengendalian bangunan di sepanjang bantaran sungai;
  • Melakukan monitoring pelaksanaan dan koordinasi terkait penegakan Peraturan Daerah;
  • Menyiapkan bahan penerbitan Surat Ijin Keramaian;
  • Memonitoring dan melakukan evaluasi situasi ketentraman dan ketertiban lingkup Kecamatan secara berkala;
  • Menyusun laporan tertulis atau situasi dan kondisi Kecamatan tiap bulan, atau setiap saat diperlukan pada pimpinan

 

3.      Seksi Ekonomi dan Pembangunan

 

  • Memimpin, mengatur, membina dan mengendalikan pelaksanaan kegiatan sesuai lingkup bidang tugasnya;
  • Mengarahkan, mendistribusikan, memonitoring, mengevaluasi dan mengawasi pelaksanaan kegiatan secara teknis operasional dan fungsional;
  • Melaksanakan pendataan dan monitoring terkait pengadaan fasilitas belajar pendidikan luar sekolah;
  • Melaksanakan pendataan, koordinasi dan monitoring terkait penyediaan sarana dan prasarana kebersihan lingkungan;
  • Melaksanakan pembuatan dan pengisian papan data / monografi perekonomian dan pembangunan diKecamatan

 

4.      Seksi Kesejahteraan Sosial

 

  • Memimpin, mengatur, membina dan mengendalikan pelaksanaan kegiatan sesuai lingkup bidang tugasnya;
  • Mengarahkan, mendistribusikan, memonitoring, mengevaluasi dan mengawasi pelaksanaan kegiatan secara teknis operasional dan fungsional;
  • Melaksanakan pendataan pendidikan luar sekolah;
  • Melakukan kegiatan pembinaan luar sekolah berkoordiasi dengan dinas terkait;
  • Membuat dan mengisi papan data monografi seksi kesejahteraan social

 

 

5.      Seksi Kependudukan

 

  • Memimpin, mengatur, membina dan mengendalikan pelaksanaan kegiatan sesuai lingkup bidang tugasnya;
  • Mengarahkan, mendistribusikan, memonitoring, mengevaluasi dan mengawasi pelaksanaan kegiatan secara teknis operasional dan fungsional;
  • Menyelenggarakan kegiatan pendaftaran penduduk;
  • Melakukan inventarisasi dan membuat laporan data kependudukan;
  • Mengelola buku rekomendasi ijin pencatatan nikah dicatatan sipil;
  • Melakukan sosialisasi dan memberikan dukungan penyelenggaraan survey atau sensus

 

 <<back    next>>

home

Tupoksi Kecamatan Bekasi Utara
slide

slide

slide

slide

slide

slide

slide

slide

slide

slide

slide

TERJEMAHKAN




create gmail accountgmail sign inwww.gmail.comgmail sign ingmail login