slide
Kamis, 18 Desember 2014
 
fb tw tw
29/04/2013 23:18:57 WIB

Budayakan Pengolahan Sampah di Masyarakat dengan Metode 3R

gb

Kota Bekasi - Walikota Bekasi, Dr H Rahmat Effendi mengatakan, pengolahan sampah di Kota Bekasi perlu dilakukan secara komprehensif dan terpadu melalui Metode  3R (Reduce, Reuse dan Recycle). Hal tersebut perlu dilakukan masyarakat Kota Bekasi dimulai dari hulu (sampah rumah tangga) dan hilir (Tempat Pembuangan Sampah) sebagai upaya mengurangi volume sampah yang ada.  

Ia mengatakan, masyarakat memang sudah harus memilah dan mengolah sampah secara baik dan bersama-sama pemerintah mengatasi permasalah sampah di Kota Bekasi. Bertambahnya penduduk Kota Bekasi, dan pola konsumsi masyarakat berakibat pada bertambahnya volume, jenis dan karakteristik sampah yang dihasilkan.
 
“Oleh karena itu, peran kita sebagai aparatur, harus memberikan pemahaman mengenai pentingnya pengolahan sampah agar sampah tidak menimbulkan dampak yang negatif terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat”, Ucapnya ketika membuka Bimbingan Teknis Pengolahan Sampah di Coloto, Cianjur, (24/4) lalu, yang dihadiri para Camat se-Kota Bekasi.
 
Lebih lanjut, Ia mengatakan, metode  3R (Reduce, Reuse dan Recycle) atau kurangi sampah, guna ulang sampah, dan daur ulang sampah harus menjadi  budaya dimasyarakat.
 
“Dengan melakukan  pemilahan sampah dan mengolahnya menjadi pupuk atau mendaur ulang sampah plastik bisa menjadi peluang usaha, dapat menghasilkan pupuk kompos yang dapat dijual atau daur ulang sampah plastik menjadi bibit plastik, itu dapat menjadi nilai ekonomi tersendiri bagi masyarakat selain dapat membuka lapangan pekerjaan melalui sampah” , Ujarnya.
 
Walikota juga berharap dengen malakukan pengelolaan sampah dengan baik yang berbasis pengelolaan lingkungan hidup menjadikan kota Bekasi lebih, bersih, indah dan nyaman, menuju Kota Bekasi yang Maju, Sejahtera dan Ihsan.  
 
Kepala Dinas Kebersihan Kota Bekasi,  Junaedi dalam laporannya mengatakan, kegiatan bimtek pengolahan sampah dilakukan selama dua hari (24-25 April 2013) dengan jumlah peserta 108 orang dan berasal dari unsur SKPD, UPTD Kebersihan, Kecamatan se-Kota Bekasi dan dari Dinas Kebersihan Kota Bekasi
 
Pada hari pertama bimtek diisi oleh beberapa narasumber. Walikota Bekasi, Dr H Rahmat Effendi selain membuka kegiatan bimtek juga menjadi narasumber, kemudian Ir Joko Heru Martono dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Ir M Satori, Praktisi 3R Bandung. (tim/goeng/yas/aby /foto : dinsih) 
Budayakan Pengolahan Sampah di Masyarakat dengan Metode 3R
slide

slide

slide

slide

slide

slide

slide

slide

slide

slide

TERJEMAHKAN




gmail sign inwww.gmail.comgmail sign ingmail logincreate gmail account