Wali Kota Bekasi Lepas Petugas Pemeriksa Hewan Qurban

Usai Lakukan Sholat ID Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi melepas Petugas Pemeriksa Hewan Qurban di Halaman Masjid Al-Barkah Jl. Veteran No. 46 Marga Jaya Bekasi Selatan pad Jum'at (1/9).

Didampingi oleh Sekretaris Daerah Kota Bekasi Rayendra Sukarmaji, Dandim 0507 Kolonel Inf. Kusnandar,  Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Momon Sulaiman dan Kabid Pertenakan Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Bekasi drh. Satia.

Kadis Pernmtanian dan Perikanan Kota Bekasi Momon Sulaiman mengatakan bahwa Petugas Pemeriksa Hewan Qurban terdiri dari 50 orang  mahasiswa Istitud Pertanian Bogor (IPB), 20 orang petugas dari Dinas Pertanian dan Perikanan, 15 petugas daei Kementrian Pertanian, 20 petugas dari Kecamatan.

"Yang akan dilakukan ole petugas  dilapangan adalah mengawasi dan memeriksa kesehatan daging dan hewan qurban" ujarnya.

"Pemeriksaan Ante Mortem yaitu pemeriksaan kesehatan setiap ekor sapi atau ternak yang akan dipotong. Pemeriksaan ante mortem dilakukan dengan mengamati dan mencatat ternak sapi sebelum disembelih yang meliputi jumlah ternak, jenis kelamin, keadaan umum, serta kelainan yang tampak" imbuhnya

"Nantinya akan ada hasil akhir pemeriksaan ini dapat dibagi tiga kelompok pertama ternak yang dipotong secara reguler adalah ternak yang memenuhi syarat normal, kedua ternak yang ditolak yaitu ternak yang menderita suatu penyakit menular, masih produktif dan betina bunting dan yang ketiga adalah ternak yang menderita kelainan lokal seperti fraktur, abses, neoplasma dan ternak yang kondisinya meragukan" jelasnya

"Kemudian petugas juga akan melakukan pemeriksaan kualitas daging dan jeroan serta pengemasan daging yang akan diberikan pada masyarakat" pungkasnya.

Tim pemeriksaan ini akan di sebar ke seluruh wilayah Kota Bekasi untuk memastikan bahwa hewan qurban yang akan di sembelih sehat dan layak di konsumsi oleh mayarakat. (gie)

Alamat

Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian, Kota Bekasi Jl. Jendral Ahmad Yani No. 1 Gd Perkantoran Lt Dasar, Bekasi
email : info@bekasikota.go.id
Tlf : (021) 88961767 Fax : 88959980/88960250