Sosiodrama Perjuangan KH Noer Ali Isi Upacara HUT RI ke 72 Tingkat Kota Bekasi

Kota Bekasi - Sosiodrama perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia (RI) dengan tema “Kisah Perjuangan Kyai Haji Noer Ali “ . ditampilkan pada acara peringatan HUT RI ke 72 Tingkat Kota Bekasi bertempat di area Parkir Summarecon Mall Bekasi, Kamis (17/8). Sosiodrama tersebut digelar sebelum upacara kemerdekaan ke-72 RI.

Sosiodrama dipentaskan oleh Prajurit TNI dan PNS TNI jajaran  Kodam 27/Jayakarta  yang menggunakan pakaian khas pejuang jaman dahulu lengkap dengan atribut dan senjatanya dikemas apik dalam sebuah cerita heroik serta atraksi-atraksi yang akan menghibur sekaligus membangkitkan jiwa Nasionalisme para masyarakat Kota Bekasi yang menyaksikan. 

Teatrikal menggambarkan aksi gerilya Pahlawan Nasional KH Noer Ali bersama Laskar Rakyat melakukan perlawanan besar-besaran terhadap Belanda pada masa itu. 

Drama perjuanagan tersebut disuguhkan sebelum pelaksanaan  detik-detik kemerdekaan dimaksudkan untuk mengenang masa lalu atas perjuangan Pahlawan Nasional KH Noer Ali bersama Laskar Rakyat yang berjuang. 

Penampilan itu pun mendapat sambutan hangat dari peserta upacara dan tamu undangan yang hadir, terlihat banyak peserta dan tamu mengabadikan baik dengan handpohne maupun kamera pocket..

Sementara itu, Wali Kota Bekasi, Dr. Rahmat Effendi yang bertugas sebagai pembina upcara HUT ke-72 RI Tingkat Kota Bekasi berharap masyarakat mencontoh perjuagan KH Noer Ali. Menurutnya, sosiodrama ini merefleksikan perjuangan KH Noer Ali bagi generasi bangsa. Bahwa mempertahankan NKRI penuh perjuangan, sekalipun harus dengan darah dan nyawa.

"Makanya generasi penerus, tidak lihat suku dan budaya, yang penting warga masyarakat Bekasi dan Indonesia sama-sama bangun jerih payah para pejuang," jelas Rahmat usai upacara.

dengan sosiodrama ini menggambarkan bahwa Bekasi juga memiliki pahlawan nasional yang patut menjadi sosok inspiratif masyarakat Bekasi yaitu, KH Noer Ali.

Dia meminta kepada masyarakat setiap tindakannya untuk menengok ke belakang atas pengorbanan para pejuang mengusir para penjajah. "Mari bangun kedamaian, rajut kebersamaan, jaga persatuan dan kesatuan dalam membangun kota bekasi yang maju, sejahtera dan ihsan " terang Wali Kota.

Selanjutnya, pukul 9.30 WIB, pelaksanaan detik-detik kemerdekaan pun dimulai . (yas)

Alamat

Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian, Kota Bekasi Jl. Jendral Ahmad Yani No. 1 Gd Perkantoran Lt Dasar, Bekasi
email : info@bekasikota.go.id
Tlf : (021) 88961767 Fax : 88959980/88960250