Pemkot Bekasi Dukung Kerjasama Angkutan DAMRI Kemang-Soetta/Halim



Kota Bekasi,  – Pemeritah Kota Bekasi dukung jalannya kerjasama layanan angkutan bus Bandara Halte Kemang Pratama-Bandara Soekarno Hatta (Soetta) dan Bandara Halim Perdana Kusuma. 
Kerjasama ini dijalin antara pihak Forum RW Kemang Pratama dengan Perum DAMRI. Kerjasama ini juga sekaligus didukung oleh Badan Pengelola Transportasi (BPTJ) sebagai bagian dari program Jabodetabek Airport Connection (JAConnexion atau JAC).

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi berharap, dengan adanya kerjasama tersebut maka dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat Kota Bekasi.

“Semoga kerjasama ini memberikan banyak manfaat, warga Kota Bekasi bisa lebih nyaman saat bepergian ke bandara, dan ini bisa menjadi salah satu solusi kemacetan,” katanya saat melakukan peresmian Halte Kemang Pratama, Bekasi Selatan, Sabtu (10/2).

Pada kesempatan tersebut, juga tampak hadir yakni Kepala BPTJ Bambang Prihartono, Ketua Forum RW Kemang Pratama Chairil Anwar, dan Direktur Utama Perum DAMRI Milatla Moemin.

“JAC Kemang Pratama Bandara Soetta/Halim memberikan altenatlf transportasi bagi warga Kemang Pratama dan sekitarnya untuk menuju bandara dan sebaliknya,” ungkap Bambang.

Dia menjelaskan JAConnection memang digagas untuk memberikan solusi yang dikembangkan BPTJ untuk mengurangi kemacetan di wilayah Jabodetabek. Untuk merealisasikan hal ini yakni dengan cara memindahkan pengguna kendaraan pribadi ke angkutan massal. 

Dengan memberikan tempat dan sarana transportasi massal yang nyaman di wilayah pemukiman, diharapkan masyarakat bisa tertarik untuk beralih ke angkutan tersebut. Dalam hal ini, masyarakat yang sebelumnya menggunakan kendaraan pribadi saat menuju ke bandara dapat memilih angkutan massal.

Sementara Direktur Utama DAMRI Milatla Moemin menambahkan, keterlibatan Forum RW Kemang Pratama dalam JAConnexion merupakan hal baru yang patut diapresiasi. Pasalnya, dibangunnya kerjasama ini menunjukan kepedulian pengurus RW di lingkungan masyarakat modern untuk menyediakan layanan yang dibutuhkan oleh warganya.

“Perum DAMRI berkomitmen untuk menyediakan layanan bus premium untuk JAConnexion, sehingga dapat menarik minat masyarakat yang pada awalnya menggunakan kendaraan pribadi menuju bandara,” ungkap dia.

Perlu diketahui, sebagai awal operasional JAC Kemang-Bandara Soeta/Halim disediakan 2 armada yang terdiri dari 2 unit bus Royal, 3 unit bus Executive dan 4 unit Bus Micro. Tarif per penumpang; Kemang Pratama - Halim adalah Rp30 ribu (menggunakan bus mikro), sedangkan Kemang Pratama -Soetta sebesar Rp. 45 ribu (menggunakan busEexecutive) dan Rp 60 ribu (menggunakan bus Royal).

Jadwal pemberangkatan dari Halte Kemang Pratama dimulai dari pukul 04.00 WIB s/d 20.00 WIB. Sedangkan jadwal dari Bandara Halim Perdanakusuma dan Bandara Soekarno Hatta dimulai pukul 07.00 WIB s/d 22.00 WIB.

“Perum DAMRI siap menyediakan armada tambahan jika terbukti antusiasme masyarakat cukup tinggi. Kinerja dan pelayanan terutama ketepatan waktu pemberangkatan akan terus dijaga dan ditingkatkan,” paparnya. (*)

Alamat

Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian, Kota Bekasi Jl. Jendral Ahmad Yani No. 1 Gd Perkantoran Lt Dasar, Bekasi
email : info@bekasikota.go.id
Tlf : (021) 88961767 Fax : 88959980/88960250